Minggu, 20 Februari 2011

Kebersamaan Selalu Menjadi Pintu Sukses

Wahai rekan dan rekanita yang dirahmati oleh Allah SWT amin. Kita sebagai makhluk sosial terkadang menjumpai banyak permasalahan didalam kehidupan kita. Memang benar kita sangat membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup, tapi kadang permasalahan yang membuat kita sulit untuk memanfaatkan kedudukan kita sebagai makhluk sosial. Mengapa demikian? Karena kita sebagai makhluk sosial dan sekaligus sebagai umat Muslim sering lalai akan perintah Allah dan Suri Tauladan Nabi Muhammad SAW. Kita terlalu angkuh, sombong, merasa lebih pintar dan merasa mampu berdiri dan merasa mampu mencapai tujuan kita sendiri tanpa butuh bantuan dari orang lain. 
Kebanyakan umat Islam di Indonesia sedang mengalami kesulitan dalam hidup. Mereka tidak sedikit jumlahnya yang miskin, tingkat pendidikannya rendah, memiliki pekerjaan sehari-hari yang kurang mendatangkan keuntungan. Demikian pula secara politik dan sosial kurang teruntungkan. Kondisi seperti itu juga masih diperparah oleh pribadi atau kelompok yang mengambil keuntungan dari kelemahan dan kesengsaraan itu. 

Para tokohnya sampai saat ini juga belum menemukan jalan keluar dari kesengsa raan itu. Masih untung kalau ada yang memikirkan untuk mencari jalan keluar. Bahkan kebanyakan sudah tidak hirau lagi. Para tokoh sudah memikirkan kepentingan diri mereka sendiri, sekalipun sekali-kali dalam berbicara tidak sedikit yang mengatas-namakan untuk kepentingan umat. Sekalipun begitu, juga tidak jelas siapa yang dimaksudkan dengan umat itu. 

Sekalipun dalam al Quran terdapat peringatan keras bahwa orang yang tidak me mperhatikan orang miskin dan anak yatim adalah sama artinya dengan berbuat bohong terhadap agama, tokh masih sangat terbatas orang yang mau memperhatikan rang-orang yang sengsara itu. Orang miskin dan juga anak yatim yang amat parah kesengsaraannya masih banyak berkeliaran di pinggir-pinggir jalan, di perempatan jalan meminta-minta kepada pengendara kendaraan tatkala lampu merah yang mengaharuskan semua kendaraan berhenti. Mereka merasa cukup dengan hanya memberikan sekeping rupiah berangka kecil. Tidak ada yang berpikir bahwa manusia-manusia miskin itu perlu uluran tangan yang bermakna mengentaskan dari dunia yang menyengsarakan itu. 

Organisasi sosial keagamaan rupanya sudah tidak memiliki kekuatan sama sekali untuk ikut menyelesaikan persoalan itu. Yang mereka lakukan sebatas mengadakan pengajian di antara kelompok-kelompok setara. Pikiran maupun pandangan yang diperoleh dari pengajian juga belum mampu menggerakkan hati sanubari mereka untuk melakukan langkah-langkah kongkrit, misalnya memprakarsai menggalang dana yang sekiranya diperlukan untuk mengatasi persoalan itu. Dalam pengajian biasanya dirasa cukup jika pembicaranya enarik, di sana-sini diselingi lelucon yang mengundang tawa. Bahkan, lelucon itu dianggap tidak mengapa sekalipun harus menyerempet hal-hal yang tabu atau tidak pantas diucapkan, karena masuk kategori porno. 

Pintu keluar dari kesengsaraan itu sesungguhnya telah tersedia dalam al Quran, yaitu (1) bertolong menolonglah dalam kebaikan, (2). Ajaklah ke agama Islam dengan sebenarnya, artinya ke suasana keselamatan, yaitu selamat dari kebodohan, kemiskinan, dari niat batin dan perilaku buruk, perkukuh silaturrakhiem, (3) lakukan kebaikan itu melalui jalan yang baik, (4) bersikaplah ikhlas, syukur, tawakkal dan istiqomah. Ajaran seperti inilah, yang disebut Islam dan sesungguhnya merupakan pintu keluar dari kegelapan menuju kehidupan yang lebih damai, luhur dan bermartabat bagi semua dan bukan hanya secara kelompok apalagi sendirian. Islam tidak mengajarkan hidup dan bahagia sendirian melainkan selalu mengajak berjama'ah.

0 Responses to “Kebersamaan Selalu Menjadi Pintu Sukses”

Posting Komentar

 

Software

Internet

Tutorial