Rabu, 23 Februari 2011

Memotivasi Diri dengan Bersyukur kepada Allah SWT

Suatu ketika dalam sebuah perkuliahan bahasa Arab dikampus saya, ada seorang teman yang tanya pada seorang dosen. Kalau saya tidak salah ingat pertanyaannya seperti ini “pak bagaimana kita seharusnya memotivasi diri kita dengan kehidupan kita sekarang ini (di ma’had) yang lumayan banyak agenda-agenda dalam setiap harinya?” dengan sepontanitas dosen tersebut menjawab “motivasilah diri kalian dengan senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kalian”. Kemudian dosen itu langsung meninggalkan kelas kami karena pada waktu itu bersamaan dengan bunyi bel yang menandakan jam pertama sudah usai.
 
Dari jawaban dosen tersebut lantas saya bertanya-tanya dalam benak saya, “apa maksud dari jawaban dosen itu?” Memotivasi Diri Dengan Cara Bersyukur Kepada Allah SWT. Saya juga sempat bertanya kepada tema sebelah saya, apa maksud dari jawaban dosen tadi,  tapi teman saya ternyata juga masih belum mengerti dengan jawaban dari dosen tadi.  Kondisi itu membuat saya berfikir keras untuk memahami jawaban dari dosen tadi. Setelah beberapa menit saya mencoba memahami jawaban dari dosen tersebut, akhirnya saya mulai bisa memahaminya.
Menurut saya memotivasi diri dengan bersyukur kepada Allah adalah memanfaatkan sebaik mungkin segala nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita, baik berupa kesehatan atau kemampuan yang ada pada diri kita. Terus dimana letak motivasi tersebut? Menurut saya letak motivasinya adalah pada saat kita mencoba merenungi, kita berfikir atas segala nikmat yang telah Allah telah berikan kepada kita, sesungguhnya itu merupakan hal yang sangat luar biasa yang membuat kita berbeda dengan orang lain disekitar kita. Kita diberikan akal fikiran yang cerdas dan visik yang sehat. Jadi, kita harus senantiasa berfikir bagaimana kita menggunakannya dengan baik dan maksimal. Jangan sampai kita sia-siakan nikmat tersebut, kita harus senantiasa mensyukuri nikmat itu, selain dengan bacaan Alahamdulillah tentunya juga diiringi dengan perbuatan kita yang sesuai dengan yang Allah perintahkan.
Bersyukur dengan perbuatan inilah yang sesungguhnya dapat memotivasi diri kita untuk menjadi lebih baik dengan mencari ridho Allah SWT. Kelebihan yang ada pada diri kita ini akan bekembang selagi kita mau dan mampu mengembangkannya. Lantas bagaiamana caranya? Yaitu dengan senantiasa berbuat baik dan tidak bermalas-malasan dalam hidup ini untuk senantiasa menghiasi hari-hari kita untuk menuntut ilmu baik dengan jalan akademik maupun hanya dengan bergaul dengan orang-orang sekitar kita. Karena dengan nikmat yang Allah berikan pada kita ini kelak akan membawa kita pada tujuan yang hendak kita capai, dengan catatan kita harus senantiasa menggunakan/memanfaatkan potensi kita yang Allah telah berikan dengan baik dan sesuai syariat Allah. Salah satunya dengan selalu semangat, tabah, ulet, kerja keras serta senantiasa bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita dalam bentuk ucapan serta perbuatan. Kita harus ingat bahwa diluar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung dan sebaik kita kondisiya.
Maka dari itu marilah kita jadikan nikmat-nikmat Allah ini sebagai motivasi dalam kehidupan kita agar kehidupan kita penuh semangat dan dapat membawa manfaat bagi orang-orang disekitar kita. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan bagi kita untuk senantiasa bertaqwa kepada-Nya. Amin

0 Responses to “Memotivasi Diri dengan Bersyukur kepada Allah SWT”

Posting Komentar

 

Software

Internet

Tutorial