Kamis, 26 September 2013

Aplikasi Pencarian Lokasi Pondok Pesantren di Wilayah Malang Berbasis Android menggunakan Metode Dijkstra

1. Flowchart

flowchart komber
Gambar 1. Flowchart Sistem
                Aplikasi ini dimulai dengan user memilih nama pondok pesantren yang ingin dicari lokasinya, dalam hal ini lokasi pondok pesantren yang ada di wilayah Malang. Lalu aplikasi akan menampilkan peta wilayah Malang dan mendeteksi lokasi user saat itu menggunakan fasilitas GPS dari smartphone user. Lokasi user ini akan dijadikan sebagai titik awal dalam metode dijkstra. Lalu aplikasi akan segera mencari jalur terpendek dari lokasi user saat itu menuju lokasi pondok pesantren yang telah dipilih di awal proses sebelumnya. Jika jalur terpendek telah ditemukan, maka aplikasi akan menampilkan jalur tersebut dengan garis tebal yang dimulai dari lokasi user saat itu sampai ke lokasi pondok pesantren. Proses selesai.

2. Arsitektur Sistem

Arsitektur sistem aplikasi mobile GIS berbasis android dibuat untuk mengetahui bagaimana alur user mendapatkan informasi yang dibutuhkan.  Arsitektur sistem dapat dilihat pada gambar 2 berikut ini :
arssistem
 Gambar 2. Arsitektur sistem
User memberikan perintah / meminta aplikasi untuk mencari jalur terpendek. Smartphone mendeteksi lokasi user saat itu dengan fasilitas GPS melalui satelit, lalu smartphone menerima lokasi user berbentuk koordinat garis lintang dan bujur. Langkah selanjutnya aplikasi meminta data peta lokasi (Google Maps) melalui koneksi internet. Dengan peta tersebut, user dapat memilih lokasi mana yang akan ia cari jalur terpendeknya.

3. Desain Interface

desain interface komber
Gambar 3. Desain interface menu awal
Dalam interface menu ini, terdapat tiga menu. Menu profil pondok pesantren berisi profil pondok-pondok pesantren yang ada di wilayah Malang. Menu cari lokasi berisi peta untuk mencari jalur terpendek dari lokasi awal user yang dideteksi melalui GPS menuju lokasi pondok pesantren yang diinginkan oleh user. Menu tentang aplikasi berisi penjelasan singkat tentang aplikasi Pondok Santri ini.
desain interface komber2
Gambar 4. Desain interface menu Profil Pondok Pesantren
Dalam interface ini, berisi beberapa pondok pesantren yang ada di wilayah Malang. Dalam setiap profil pondok tersebut berisi nama pondok, alamat pondok, nama pengasuh, dan informasi-informasi lainnya.
desain interface komber3
Gambar 5. Desain interface menu cari lokasi pondok pesantren
Dalam interface ini diterapkannya metode dijkstra, yaitu untuk mencari jalur terpendek dari lokasi user menuju lokasi pondok pesantren yang diinginkan user. Hasil pencarian jalur terpendek akan ditandai dengan sebuah garis tebal dan berwarna tertentu.

desain interface komber4
Gambar 6. Desain interface menu tentang aplikasi
Dalam interface ini berisi penjelasan singkat tentang aplikasi Pondok Santri.

4. Activity Diagram

act diagram

5. Desain Database


4 Responses to “Aplikasi Pencarian Lokasi Pondok Pesantren di Wilayah Malang Berbasis Android menggunakan Metode Dijkstra”

  • Unknown says:
    21 November 2013 pukul 00.44

    Boleh share souce codenya gak bro?? Pengen belajar juga nih,, mumpung lagi demen ama pemrograman android..

  • Unknown says:
    8 Januari 2014 pukul 14.52

    [tanya] ada berapa tabel dalam program itu?
    trus gimana mengimplementasikan algoritma djikstra ke program?

  • Unknown says:
    10 April 2015 pukul 11.33

    mantab mas

  • Blog27999 says:
    16 Maret 2020 pukul 00.36

    According to Stanford Medical, It's in fact the SINGLE reason this country's women live 10 years more and weigh 19 kilos less than us.

    (And realistically, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and absolutely EVERYTHING about "HOW" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    TAP on this link to reveal if this brief quiz can help you release your real weight loss possibilities

Posting Komentar

 

Software

Internet

Tutorial